Wednesday, October 8, 2014

Apakah Aman Mengkonsumsi Kopi Bagi Pelajar ??

Apakah Aman Mengkonsumsi Kopi Bagi Pelajar
Today.co.id - Aman tidak ya mengkonsumsi terlalu banyak kopi? Suatu kebiasaan atau pekerjaan pasti akan membawa dampak buruk bagi yang melakukannya jika dilakukan diluar kebiasaan orang normal atau sangat berlebihan. Pada dasarnya suatu kebiasaan kita anggap baik pun akan berdampak negatif jika kita melakukannya terlalu sering atau berlebihan.

Pada kesempatan ini saya nak ngeshare ini, apakah dampaknya bagi orang yang kesehariannya sering ngopi???  Pada saat ini sudah menjadi trend masa kini tentang kebiasaan ngopi, baik ngopi diemperan jalan sampai dicafe-cafĂ© yang cukup tenar, yang ngopi pun macem-macem sob dari orang dewasa, remaja bahkan tak sedikit juga ada anak-anak sekolah…kalau dah gini bagaimana ya sob, pasti ada efek sampingnya kan…

Di media informasi seperti televisi juga sering mengiklankan produk-produk kopi tu, dari kopi hitam cap kapal tengker sampai kopi cap kapal selam…he…dari kopi cap torabika sampai kopi yang dikonsumsi oleh luwak. Macem-macem deh banyak  sekarang iklannya semuanya menawarkan tentang kenikmatan mengkonsumsinya dan bahkan tidak sedikit campuran bubuk kopi yang terdiri dari gula, es, saus cokelat, caramel, hazelnut dan whip cream dan ada juga yang ngasih-ngasih hadiah gitu sob…wah kalau sudah kayak gini kan sudah tak bagus, apalagi terkadang iklan tersebut dilihat anak-anak yang belum cukup umur kan dapat merusak generasi muda saat ini.

Pada satu sisi, beban menjadi seorang pelajar makin hari makin berat karena seiring dengan tingkatannya. Banyak sekarang kegiatan pelajar sekarang tak sedikit juga diantara meraka pergi pagi pulang kadang sudah sore kali, ada juga yang terkadang sampai malam. Macam-macamlah kegiatannya disekolahnya dari kegiatan intrakurikuler sampai kegiatan ekstrakurikuler belum lagi dengan Pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru bidang studi banyak deh. Siswa terkadang ingin tampil lebih segar waktu belajar di sekolah maupun dalam mengerjakan tugas di rumahnya. Hal ini lah yang terkadang menjadi alasan mereka untuk ikut ngopi sebagaimana halnya orang dewasa.

Lalu bagaimana ya jika mengkonsumsi kopi itu dilakukan oleh pelajar dan anak pada umumnya??? Apakah aman tu dikonsumsi oleh meraka??? Simak jawabannya ya..kegitan mengkonsumsi kopi itu bisa menjadi aman asalkan saja kegiatan tersebut tidak dilakukan berlebihan. Mengapa demikian sob??? Tahukah kamu ternyata pada kopi ada Antioksidan. Antioksidan ini dapat meningkatkan kerja jaringan saraf sehingga otak dapat bekerja lebih baik. Antioksidan juga dapat menangkal kerusakan pada sel otak. Jadi kegiatan mengkonsumsi Kopi dapat meningkatkan kekuatan otak loh.

Wah ternyata kopi juga memiliki manfaat ya, tapi bagaimana jika kegiatan ngopi dilakukan berlebihan ya. Berikut penjelasan dari ahlinya Jika kegiatan ngopi dilakukan lebih dari 3 kali dalam sehari maka kita sudah kategorikan pencandu kopi. Nah hal ini lah yang memicu menjadi tidak aman mengkonsumsi kopi bagi seorang pelajar dikarenakan Kopi juga mengandung kafein yang dapat memacu denyut jantung seseorang. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan semakin mempercepat denyut jantung dan menyebabkan insomnia yang justru dapat membahayakan pelajar tersebut.

Lalu bagaimana ya menkonsumsi kopi yang aman??? Menurut para ahli mengkonsumsi kopi itu dikategorikan aman hanya jika mengkonsumsi kopi 1 sampai 2 kali dalam sehari sesuai dengan takaranya…oh gitu ya..

Kesimpulannya kegiatan ngopi itu bisa juga menjadi kebiasaan baik atau pun bisa menjadi kebiasaan buruk tergantung kita yang menyikapi dan melakukannya. Sekian pembahasan pada kesempatan ini semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi yang membacanya ya… (raff)

Sumber: http://www.matrapendidikan.com/2014/10/amankah-minum-kopi-bagi-siswa.html

Popular